32 – 2 Sesuai Apa Yang Masuk

Iman, Pengharapan, Kasih
472 views | 0 Comments

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.(Fil 4:8)

Ada banyak Ibu yang memberikan makan anaknya dengan makanan instan antara lain mie rebus atau bahkan pop mie. Padahal mereka punya uang dan kesempatan untuk memberikan makanan lain yang lebih sehat. Tetapi karena malas untuk belanja dan masak, akhirnya pilih yang paling gampang. Ditambah ketidaktahuan akan pentingnya nutrisi (gizi) yang baik untuk kesehatan dan masa depan anak.  Manusia, seperti juga mesin atau komputer akan bekerja dan berproses sesuai dengan apa yang masuk.  Sebuah mobil bisa mogok jika diisi bahan bakar yang tidak bersih tapi bercampur air. Data di komputer menjadi rusak kalau dimasuki virus.  GIGO (Garbage In, Garbage Out), sebuah istilah yang menggambarkan jika yang masuk adalah sampah, maka hasilnya adalah juga sampah.

Ayat di atas menyampaikan kepada kita tentang apa yang kita pikirkan dan tentu akan menentukan apa yang kita lakukan.  Jika kita berpikir tentang hal yang benar, yang adil, yang suci dan sejenisnya maka kita akan bertindak sesuai dengan apa yang kita pikirkan tersebut.  Sebaliknya seseorang yang selalu berpikir bagaimana cara untuk cepat kaya dengan cara apapun, lalu akhirnya merancang untuk mencuri atau korupsi maka akhirnya dia akan bertindak sesuai pikirannya itu.  Dari pikiran akhirnya dia mencari jalan, merancang ini dan itu, sampai akhirnya terwujud di dalam tindakan. 

 

Apa yang kita pikirkan sangat dipengaruhi apa yang masuk melalui telinga dan mata kita. Seorang anak remaja  melakukan tindakan perkosaan karena tiap hari dia menonton video porno di internet. Seorang ibu rumah tangga, banyak bergaul dengan kaum sosialita dengan segala gaya hidupnya. Sejak itu sang ibu berubah mulai dari penampilan, tuntutan kepada suami dan perilaku.  Perut dan kesehatan organ tubuh kita dipengaruhi oleh apa yang kita makan dan minum lewat mulut.  Pikiran, perasaan dan tindakan kita akan sangat dipengaruhi apa yang kita lihat, baca, tonton dan dengar tiap hari.  Bagaimana kita menjaganya?

 

Tuhan menolong kita.

 Salam dan doa,

 

Ulbrits Siahaan (Ulbrits@gmail.com)

Share on:

0 Comments

Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar

About Us

Sarana Berbagi Firman Tuhan.

Digital Bible Community sebagai wadah muda-mudi kreatif di bidang multimedia dan teknologi informasi untuk bersama-sama mengekspresikan ide-ide kreatif sekaligus memuji dan memuliakan Tuhan. Ikuti Sosmed kami dan Tuhan Yesus memberkati.

Contact Us

Lembaga Alkitab Indonesia

Stay Connected

Facebook
Twitter
Instagram