Tetap Terhubung Meski Ada Jarak

Motivasi
642 views | 0 Comments

Akhir tahun 2019 dunia dikejutkan dengan munculnya virus baru yang mematikan di Wuhan, China. Covid-19 adalah jenis virus baru yang menyerang saluran pernafasan manusia. Virus ini masih satu keluarga dengan virus yang menyebabkan common cold, atau yang lebih berat lagi Severe Acute Respiratory Syndrome( SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS). 

Penyebaran Covid-19 terbilang cepat, dalam waktu singkat sudah menyebar ke banyak negara di luar China. Dirilis dari laman Worldometers.info, pada Senin (30/03/2020) virus corona jenis Covid 19 telah menyebar ke 199 negara. Angka penularannya juga semakin meningkat, dimana sebanyak 723.319 orang telah terinfeksi. Korban meninggal masih tinggi mencapai 33.993 orang dan baru 151.804 orang dinyatakan sembuh. 

Masih melansir data dari worldmeters.info, di Indonesia sejak pertamakali ditemukan kasus Covid-19 pada awal Maret 2020, hingga akhir bulan Maret 2020 tercatat di Indonesia telah terjadi peningkatan jumlah orang yang terinfeksi menjadi 1.285 orang, angka  kasus kematian 114 orang dan 64 orang dinyatakan sembuh.  

World Health Organization (WHO) melalui laman resminya menyampaikan beberapa gejala Covid-19, yaitu paling umum, yakni demam, rasa lelah, sesak nafas, dan batuk kering. Kadangkala pasien mengeluhkan rasa nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala serius kemungkinan terjadi pada pasien lanjut usia atau pasien dengan riwayat tekanan darah tinggi, penderita sakit jantung atau diabetes.

Penularan Covid-19 melalui beberapa cara, yaitu melalui orang yang telah tertular Covid-19, percikan dari hidung dan mulut, benda-benda yang telah terkontaminasi virus Covid-19.

Menurut WHO pencegahan penularan Covid-19 dapat dilakukan dengan beberapa cara:

1. Mencuci tangan dengan benar sesuai petunjuk langkah-langkah, gerakan menggunakan sabun dan membilasnya dengan air bersih atau menggunakan cairan antiseptik yang mengandung alkohol.

2. Menjaga jarak aman dengan orang lain setidaknya 1 meter. Tujuannya bila terjadi bersin atau batuk-batuk meminimalisir percikan yang terlontar.

3. Mengusahakan untuk tidak mengusap muka, menyentuh mata, hidung, atau mulut bila telapak tangan yang tidak bersih.

4. Taati etika batuk atau bersin untuk menutup mulut atau hidung dengan siku terlipat atau menggunakan tisu.

5. Tinggal di rumah sebagai langkah antisipasi menjaga kesehatan diri sendiri dan keselamatan orang lain.

Selain langkah antisipasi di atas perlu juga mengikuti informasi-informasi dari sumber yang dapat dipercaya. Badan Siber dan Sandi Negara menghimbau, di tengah pandemi Covid-19 masyarakat untuk mencari informasi dari situs resmi pemerintah: Kemenkes RI dan Kantor Staf Kepresidenan, WHO atau laman berita arus utama. 

 

Foto: Alexey Hulsov dari Pixabay 

(Alex. Sumber: Berbagai sumber)

Editor: Budi Fajar Kadarmanto

 

Share on:

0 Comments

Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar

About Us

Sarana Berbagi Firman Tuhan.

Digital Bible Community sebagai wadah muda-mudi kreatif di bidang multimedia dan teknologi informasi untuk bersama-sama mengekspresikan ide-ide kreatif sekaligus memuji dan memuliakan Tuhan. Ikuti Sosmed kami dan Tuhan Yesus memberkati.

Contact Us

Lembaga Alkitab Indonesia

Stay Connected

Facebook
Twitter
Instagram