Berinternet Sehat Aman Bertransaksi

Motivasi
587 views | 0 Comments

Di era digital keterbukaan informasi menjadi sesuatu yang mutlak karena semua terhubung dengan internet. Semua orang dapat saling mengenal melalui media sosial, bahkan detail informasi pribadi mulai dari nomer handphone, alamat rumah, bahkan kadangkala denah lokasi rumah turut disertakan di laman-laman media sosial. Tanpa disadari celah-celah keterbukaan informasi tersebut dimanfaatkan pelaku kriminal untuk melakukan kejahatan. 

Beberapa kejahatan online yang kerap terjadi adalah pembajakan akun media sosial yang kemudian digunakan untuk tujuan penipuan.  Di Jakarta, Kamis (23/1/2020) Kanit Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya, AKBP Dhany Aryanda mengatakan bahwa Polda Metro Jaya mencatat selama 2019 saja terdapat 2.300 laporan kasus penipuan online, angka ini lebih tinggi dibanding laporan kasus kriminal lainnya. Kebocoran data pribadi tidak terbatas pada identitas diri saja, tapi juga dapat meliputi data perangkat yang kita gunakan untuk berselancar di dunia maya. Salahsatu penyebab kebocoran data pribadi juga dapat disebabkan penggunaan software bajakan atau terinfeksi virus pada perangkat yang kita gunakan. Proses pencurian data itu sendiri membutuhkan bandwith internet yang cukup besar. 

Kebijakan Pemerintah melalui himbauan kepada karyawan untuk berkeja dari rumah (work form home/ WFH) dan pelajar untuk belajar dari rumah justru memunculkan celah untuk mengakses situs yang menyediakan film-film secara ilegal sehingga mengakibatkan naiknya trafik secara signifikan. 

Menteri Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo) Johnny G. Plate, melalui Konferensi Pers online di Jakarta menghimbau masyarakat agar bijak dalam berinternet untuk tidak mengakses situs-situs ilegal  agar bandwith yang tersedia tidak digunakan secara boros. Kenaikan trafik bandwith internet semenjak himbauan bekerja dari rumah memang terlihat naik tajam yang terjadi di semua provider telekomunikasi.

Dilansir dari katadata.co.id Telkomsel tercatat mengalami kenaikan trafik komunikasi payload internet sebesar 5% dibanding sebelum ada pengumuman kuota gratis. Sedangkan khusus belajar online saja data trafik naik sebesar 236%. Kenaikan trafik khusus belajar ini sebagai konsekuensi kerjasama dengan salah satu perusahaan rintisan yang menyediakan jasa pendidikan bagi siswa. Kuota gratis yang disediakan sebesar 30 GB sebagai dukungan siswa belajar di rumah.  Disusul berikutnya trafik aplikasi percakapan mencapai 19%, gim online 13%. Demikian juga untuk provider 3 melaporkan pada Senin (16/3/2020) mengalami kenaikan sebesar 15-20% dibanding minggu sebelumnya. Kemudian trafik telepon mengalami kenaikan sebesar 5-10%. Akses inernet secara bijak dan aman akan menyelamatkan dari kebocoran data privacy termasuk di dalamnya bertantrasaksi menggunakan internet banking akan lebih aman. 

Siberkreasi.id membagikan beberapa tips berinternet yang aman.

1. Online dimana saja kapan saja

    Akses internet tidak hanya didominasi orang dewasa saja, bahkan anak-anak yang sudah mengenal huruf juga memanfaatkan ruang digital. Oleh karena itu pengawasan orangtua sangat diperlukan.

2. Lindungi anak berponsel

    Peran orang tua sangat diperlukan pada tahap ini, dibutuhkan diskusi kepada anak dan memberi tanggungjawab sekaligus monitoring, baik menggunakan tools atau pengawasan secara langsung.

3. Berbagi file meski gartis perhatikan Copyright

    Perlu berhati-hati terhadap file yang kita unduh, baik berwujud dokumen, auido atau video terkait hak cipta agar tidak dijerat dengan undang-undang yang berlaku.

4. Jangan sembarangan kontak dengan orang asing

    Berhati-hati dalam berinteraksi dengan orang yang belum kita kenal di dunia maya, terlebih bila mengajak bertemu atau meminta identitas diri.

5. Jangan asal unggah selfie

    Hindari berpose vulgar, perhatikan sekitar lokasi selfie dan jaga keamanan diri, foto selfie dapat dilihat siapa saja sehingga pikirkan secara matang, foto selfie akan abadi, bagi orang tua perhatikan foto selfie          anak-anak.

   

    Foto: Hizkia 

    (Alex. Sumber: Berbagai sumber)

    Editor: Budi Fajar Kadarmanto

 

Share on:

0 Comments

Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar

About Us

Sarana Berbagi Firman Tuhan.

Digital Bible Community sebagai wadah muda-mudi kreatif di bidang multimedia dan teknologi informasi untuk bersama-sama mengekspresikan ide-ide kreatif sekaligus memuji dan memuliakan Tuhan. Ikuti Sosmed kami dan Tuhan Yesus memberkati.

Contact Us

Lembaga Alkitab Indonesia

Stay Connected

Facebook
Twitter
Instagram